Welcome to D.U.T.Y

1. BACKGROUND / LATAR BELAKANG
Kenapa berjudul D.U.T.Y.? Berdasarkan arti dalam bahasa Inggris, Duty berarti tugas/misi/kewajiban. Saya sebagai Author dari Blog D.U.T.Y ini, merasakan sudah menjadi kewajiban/tugas kita sesama anak-anak Tuhan untuk saling menguatkan dan menolong satu sama lain. Apakah cuma itu? Tunggu dulu, selain arti kata Duty dalam bahasa inggris yang telah disebutkan di atas, D.U.T.Y. sendiri disini juga adalah sebuah singkatan, yaitu : Dariku Untuk Tuhan Yesus / D.U.T.Y

Kita sebagai manusia pasti lebih sering membuat Tuhan Allah kita merasa sedih dengan dosa-dosa yang telah kita perbuat. Baik itu dosa yang disengaja/tidak disengaja, dosa yang kita ketahui/tidak kita ketahui. Bahkan mungkin terkadang kita merasa tidak memiliki sesuatu yang bisa diberikan kepada Tuhan Yesus, padahal di dalam hati kita ingin membuat Tuhan senang. Tetapi Puji Tuhan, kita bisa memberikan sesuatu kepada Tuhan sekaligus membantu saudara-saudara kita yang lain. Salah satu caranya adalah memberikan kesaksian/pengalaman hidup kita untuk diceritakan kepada orang lain. Saya rindu sekali agar setiap orang yang nantinya membaca setiap kesaksian di dalam buku ini akan lebih mencintai Tuhan dan menyadari sepenuhnya bahwa Ia hadir di setiap langkah kehidupan mereka.

2. VIEW / SEKILAS
Seperti apakah kira-kira blog ini nantinya? Secar garis besar, blog ini adalah seperti buku Chicken Soup. Mengapa?
Karena buku Chicken Soup memuat pengalaman/kisah nyata dari orang-orang yang mempunyai tujuan memotivasi orang lain, memperkaya jiwa, sekaligus menguatkan. Selain itu, agar lebih bisa menjangkau kalangan umum Kristiani, sebagian besar isi blog ini tentu saja adalah kisah-kisah kesaksian nyata (karena umumnya, kesaksian-kesaksian berharga dari saudara-saudara kita, akhirnya hanya terpendam dalam suatu lingkup tertentu saja). Blog ini juga tidak akan secara khusus menelaah ayat-ayat dalam Alkitab. Ayat-ayat Alkitab hanya akan digunakan sebagai pendukung dari setiap tema kesaksian. Oleh karena itu, Saya dari Author dari blog D.U.T.Y. ini berpikir, kenapa sharing-sharing tersebut tidaklah dibuat dalam sebuah wadah yang bisa diberikan untuk orang lain serta diketahui secara luas? Alangkah indahnya bila sharing-sharing/kesaksian itu dapat berguna bagi kehidupan orang lain, khususnya bagi mereka yang belum peka akan jamahan Tuhan dalam kehidupannya. Selain itu, sharing merupakan salah satu bentuk media yang bisa membangun rasa kebersamaan kita.

3. WHO? / SIAPA SAJA ?
Siapakah yang bisa berpartisipasi dalam buku ini? Jawabannya sangatlah mudah yaitu : siapa saja. Kami mengundang Saudara sekalian yang terkasih dalam Yesus Kristus untuk berpartisipasi dengan menceritakan pengalaman/kesaksian Saudara kepada kami. Apapun pekerjaan Saudara, berapapun usia Saudara, berapapun penghasilan Saudara atau apapun kedudukan Saudara, apakah Saudara beragama Kristen Katolik maupun Kristen lainnya, atau apakah tempat tinggal Saudara dekat/jauh. Yang paling penting disini adalah niat untuk memberikan sesuatu untuk menyenangkan Tuhan yang (mudah-mudahan) dapat membantu Saudara-Saudara seiman lainnya. Atau misalnya Saudara memiliki ayah/ibu/orang-orang lain yang ingin ikut berpartisipasi, kami dengan senang hati akan menerimanya.

Mungkin Saudara juga ingin melakukan pelayanan dalam kehidupan iman saudara, namun sampai sekarang belum sempat melakukan pelayanan di gereja/sesama atau mungkin Saudara bingung mau memberikan pelayanan seperti apa? Puji Tuhan, Saudara sekarang bisa memberikan pelayanan kepada Tuhan dan sesama dengan menceritakan pengalaman-pengalaman yang berkaitan dengan kehidupan iman Saudara kepada kami melalui email yang telah saya buatkan yaitu :

todays_duty@yahoo.co.id

Email diatas juga bisa digunakan untuk memberikan input, bimbingan, atau masukan sehingga tentu bisa membangun kualitas blog yang akan dihasilkan ini. So, any input will grow all of us together… jangan lupa masukkan “INPUT” sebagai subjek email Saudara..


Pertanyaan yang paling sering diajukan adalah : "Saya ingin ikut memberikan pengalaman hidup saya, tetapi saya tidak bisa/kurang bisa menulis, bagaimana ini?" Tenanglah, Saudara tidak perlu ragu/takut. Kami yakin kekurangan Anda akan dibantu oleh Kuasa Roh Kudus pada saat Saudara berusaha menceritakan pengalaman Saudara. Yang paling penting adalah hati Saudara yang dipenuhi dengan niat serta kerinduan untuk membagi sentuhan keajaiban Tuhan kepada sesamanya. Kami yakin, Tuhan Yesus tidak akan meninggalkan siapapun yang ingin mempersembahkan sesuatu dengan sepenuh hati padaNya. Jadi, jangan ragu. Kirimkan saja tulisan Saudara. Saya akan berusaha membantu Saudara dalam hal pengeditan cerita Saudara.

Salam Damai Sejahtera, Tuhan memberkati.
AUTHOR OF D.U.T.Y

08 January 2008

Anak Tuhan dan Karirnya

Seorang hamba Tuhan pernah mengatakan, "It is easier for God to create the whole universe than to help a Christian grows." Rupanya benar bahwa memang lebih mudah bagi Allah untuk menciptakan seluruh jagat raya ini daripada menolong seorang anak Tuhan tumbuh secara rohani dan mengerjakan apa yang Allah kehendaki. Salah satu penyebabnya adalah kekacauan peran yang entah mengapa dan bagaimana proses terjadinya, telah menyebabkan banyak anak Tuhan mengerjakan peran-peran yang sebetulnya bukan peran mereka, baik itu di gereja, di dalam keluarga, maupun di dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Nah, untuk masalah karir atau pekerjaan sehari-hari yang menjadi sumber nafkah ini, Anda perlu memperhatikan kasus di bawah ini.

Ediarto suami saya adalah pemain tenis andalan dari klub di kota kami. Dia sangat menyesal karena dalam turnamen minggu yang lalu, ia tidak dapat ikut karena sakit. Menurut dokter, ia mengalami pembengkakan jantung dan itu bisa mengakhiri karirnya sebagai pemain tenis. Saya jadi bingung sekali. Apa yang harus saya lakukan. Saya tahu ia ingin tetap menjadi pemain tenis, tetapi kesehatannya tidak memungkinkan lagi. Saya kuatir kalau nanti dia menganggur, lalu bagaimana? Memang secara finansial kami tidak kekurangan. Saya sendiri mempunyai usaha konveksi yang cukup maju. Tetapi mengenai suami saya, saya harus berbuat apa? Saya sangat kenal Ediarto. Dia adalah seorang pribadi yang tak mungkin menganggur, dan dia sama sekali tidak tertarik dengan pekerjaan.

PERTAMA, untuk menghadapi kasus di atas, (bahkan kasus apa saja) biasakan Anda sebagai konselor untuk tidak terjerat dengan keluhan dan fenomenanya. Coba rasakan dan pahami apa yang sedang terjadi dalam jiwa istri Ediarto ini. Siapa dia dan apa yang dia alami di belakang keluhan yang diceritakannya. Jadi, jangan sampai Anda langsung berpikir apa persoalannya dan bagaimana resepnya. Cobalah Anda mulai dengan melatih kepekaan jiwa Anda sendiri. Coba tempatkan diri Anda di tempatnya, dan rasakan apa yang kira-kira ia rasakan. Nah, sesuai dengan kepekaan dan keunikan pribadi Anda, barangkali Anda mulai dapat merasakan kegelisahan, kekuatiran, dan kebingungannya. Ketiga hal ini pun baru merupakan dugaan Anda. Belum tentu dugaan Anda itu semuanya benar. Oleh sebab itu, perlu diuji melalui refleksi pribadi Anda kepadanya. Misalnya, Anda dapat mengatakan, "Di luar dugaan kita, seringkali hidup ini mengalami berbagai perubahan... dan kadang-kadang kita tidak tahu persis apa yang seharusnya kita lakukan..." Untuk kata-kata Anda ini, saya percaya, apa pun responnya akan mulai menyingkapkan apa yang sedang ia rasakan dan pikirkan. Mungkin benar, dia bingung, kuatir, dan tidak tahu apa yang terbaik yang harus dia lakukan, tetapi data itu juga belum cukup. Anda harus ingin tahu, apa sebenarnya hal yang membingungkannya. Mungkin yang dia bingungkan bukan suaminya, melainkan dirinya sendiri oleh karena takut kalau nanti suaminya harus tinggal di rumah sepanjang hari maka sistem hidup yang selama ini sudah dinikmatimya akan terganggu. Mungkin juga, yang ia kuatirkan adalah kesehatan suaminya (dan bukan pekerjaannya). Jikalau Anda dapat terus bertahan dalam "spirit emphaty" (merasakan apa yang ia rasakan) dan "listening" (mendengar pola pikir dan perasaannya) Anda akan menjumpai banyak misteri dalam jiwa klien Anda. Semuanya itu akan tersingkap sedikit demi sedikit. Mungkin Anda akan kaget bahwa misalnya, kekuatirannya tidak lahir dari cinta, tetapi dari ketakutan hidup sendiri tanpa suami. Oleh sebab itu, Anda harus dapat menciptakan suasana konseling yang kondusif yang memungkinkan klien tanpa rencana dapat menyingkapkan hubungan yang sesungguhnya dengan suaminya. Sampai poin ini pun Anda jangan buru-buru memberi nasihat apa pun, karena proses konseling Anda baru masuk langkah-langkah pertama. Anda belum betul-betul mengenal siapa dia dan apa yang terjadi secara subjektif menjadi pengalaman pribadinya. Nanti Anda akan mengenal dia yang sesungguhnya, dan dalam konteks pengenalan itulah Anda melihat akar masalah yang dikeluhkannya.

KEDUA, perlu Anda ketahui bahwa sebagai konselor, tak mungkin Anda dapat memberi nasihat dan menemukan penyelesaian "yang sesungguhnya" jikalau Anda tidak mengenal prinsip kebenaran firman Tuhan untuk masalah tersebut. Misalnya:

Untuk masalah karir pak Ediarto

Sebagai orang Kristen kita percaya bahwa Allah menyediakan empat kelompok pekerjaan untuk manusia. Yang PERTAMA, pekerjaan untuk membangun tubuh Kristus (gereja yang visible ataupun invisible). Ini adalah pekerjaan yang hanya dapat dikerjakan oleh orang-orang yang sudah dilahirbarukan oleh Roh Kudus dan mereka yang secara khusus mendapat panggilan Allah. Jenis pekerjaan pembangunan tubuh Kristus ini hanya dapat dikerjakan dengan "spiritual gifts" dari Allah (Roma 12, lKorintus 12, Ephesus 4, Galatia 5 dan sebagainya).

Yang KEDUA adalah kelompok pekerjaan yang tujuannya adalah untuk "memanusiakan manusia", seperti pendidikan, kedokteran, filsafat, musik, arts, psikologi, hukum, dan sebagainya. Untuk kelompok ini Allah memberikan talenta/bakat yang harus terus dikembangkan supaya manusia dapat menggarap area hidup tersebut dan dapat memuliakan Allah. Melalui musik yang agung misalnya, manusia dapat memasuki dimensi-dimensi hidup yang begitu dalam sehingga mereka lebih peka terhadap kehadiran dan karya Allah yang penuh keajaiban. Allah memanggil manusia untuk membebaskan setiap dimensi hidup dari jerat kesia-siaan (Roma 8:19-21).

KETIGA adalah kelompok pekerjaan yang tujuannya adalah untuk "mengenal, mengontrol (memanipulir secara benar), dan memakai hukum alam" demi tujuan menciptakan alat-alat yang dapat membantu kehidupan manusia. Ini juga pekerjaan yang membutuhkan talenta yang khusus (misalnya keahlian dalam fisika dan matematika) sehingga manusia dapat menciptakan alat-alat dan mesin-mesin (misalnya radio, telepon, komputer, mobil pesawat terbang, dan sebagainya) untuk menunjang kehidupan manusia. Untuk ini Allah memberikan mandat budaya kepada manusia untuk memenuhi, menaklukan dan mengerjakan bumi dengan segala isinya (Kejadian 1:28).

Yang KEEMPAT atau yang terakhir adalah kelompok dari jenis pekerjaan yang Allah "izinkan", yaitu pekerjaan yang pada dirinya tidak mempunyai makna khusus dalam tujuan penciptaan manusia kecuali untuk "melelahkan atau menyibukkan diri manusia" (Pengkhotbah 3:10). Dalam kelompok ini termasuk, misalnya, pekerjaan membuka toko kelontong, toko roti dan ice cream, restoran, bank, pabrik kain dan konfeksi, dan sebagainya. Memang, masing-masing juga membutuhkan bakat atau talenta, tetapi bakat atau talenta tersebut tidak mempunyai objektif yang secara khusus menjadi bagian integral tujuan penciptaan Allah. Pekerjaan-pekerjaan ini boleh ada, boleh juga tidak ada di dunia ini, dan sebenarnya hampir semua jenis pekerjaan ini sebenarnya diciptakan oleh "anak-anak dunia" dan akan terus bertambah.

Nah, dalam konteks kelompok pekerjaan yang keempat inilah olahragawan seperti pemain tenis ada. Olahragawan bukanlah jenis pekerjaan yang punya objektif sebagai bagian integral penciptaan Allah. Bahkan, oleh karena pekerjaan ini tubuh manusia sebenarnya cenderung menjadi tidak sehat karena dipaksa dan dipacu lebih daripada yang sewajarnya. Itulah yang telah terjadi dengan Ediarto sehingga jantungnya membengkak.

Menjadi olahragawan tidak sama dengan berolahraga. Berolahraga merupakan bagian pertanggungjawaban hidup, yaitu untuk memelihara kesehatan dan berekreasi. Meskipun gunanya tidak sepenting latihan rohani (1Timotius 4:8), olahraga tetap menjadi bagian pertanggungjawaban manusia karena tubuh ini rumah Roh Kudus (1Korintus 6:19-20) sehingga harus dipelihara kesehatannya. Lain halnya dengan menjadi olahragawan. Jenis pekerjaan ini sebenarnya kurang bermakna karena andil untuk kebaikan bukan pada profesi olahraganya, melainkan pada dampak tidak langsungnya, yaitu kekompakan, sportivitas, disiplin, dan sebagainya. Untuk olahragawan itu sendiri profesi tersebut lebih banyak membawa kerugian bagi dirinya karena tubuhnya menjadi tidak sehat dan jiwanya cenderung berorientasi pada pujian, hadiah dan arogansi.

Konsep Kristiani ini harus difahami oleh konselor supaya arah konseling menjadi jelas untuk kemuliaan nama Tuhan.

No comments: